0

Hargai Orang Lain dan Orang Lain Akan Menghargaimu

Posted by Unknown on 19.28
        

    Apakah kalian pernah merasa marah jika suatu waktu kalian merasa tidak diperdulikan atau tidak dihargai oleh orang lain? itu mungkin adalah reaksi dari perbuatan anda sendiri yang sering tidak menghargai orang lain. Maka dari itu Menghargai orang lain itu sangatlah penting. Nah disini saya akan menceitakan mengapa harus menghargai orang lain.


            

Mengapa Harus Menghargai Orang Lain?

         Di dalam hidup ini kita membutuhkan orang lain untuk melangsungkan hidup. Apapun itu kita akhirnya harus berinteraksi dengan orang lain. Suka atau tidak, kita hidup dengan berinteraksi dengan orang lain. Tugas kita adalah bagaimana caranya interaksi yang kita lakukan dengan orang lain terasa menyenangkan. Dengan demikian hidup kita akan terasa sangat menyenangkan.
     Saling Membutuhkan
     Di dalam hidup apapun itu akhirnya kita akan saling membutuhkan satu sama lain. Mungkinkah jika segala sasuatu yang kita perlukan dalam melangsungkan kehidupan kita dapat kita kerjakan seorang diri? Memasak sendiri, cuci baju sendiri, membersihkan rumah sendiri, membuat pakaian sendiri dan mengambil keputusan hanya seorang diri dan mempertimbangkan nya seorang diri? semua nya seorang diri? Sangatlah melelahkan bukan? ataupun dapat dikatakan mustahil jika kita pikirkan seperti itu. Maka dari itu kita membutuhkan bantuan orang lain dalam menjalankan proses kehidupan kita sehari -hari. Karena ada hal yang dapat kita kerjakan sendiri dan ada hal yang tidak dapat kita lakukan hanya dengan seorang diri.
     Bayangkan, produsen pastilah membutuhkan konsumen, perusahaan membutuhkan karyawan dan konsumen, guru membutuhkan murid, dan pembaca membutuhkan penulis dan berbagai macam dari kondisi ini berlaku sebaliknya.Tentu saja kondisi ini berlaku pula sebaliknya. Jadi intinya, kita semua saling membutuhkan.Saling Menguntungkan :)           
          Selain saling membutuhkan, ternyata kita semua juga bisa saling menguntungkan. Kita merasa beruntung karena bisa berbagi dengan orang lain. Kita mendapat pemasukan uang dan mendapat kepuasan karena ada orang lain yang mau menggunakan hasil karya kita. Orang lain juga merasa diuntungkan dengan kebaradaan kita karena mereka bisa mendapatkan apa yang mereka perlukan dari kita.Misalnya, murid merasa diuntungkan karena ada guru yang mau berbagai ilmu dan keterampilan. Sebaliknya, guru juga merasa diuntungkan karena ia bisa membagi ilmu dan keterampilan kepada orang lain dan mendapat pemasukan dari pekerjaannya. Produsen merasa diuntungkan karena ada pembeli. Sebaliknya, pembeli juga merasa diuntungkan karena bisa mendapatkan barang atau jasa yang dibutuhkan tanpa harus repot membuatnya sendiri.Saling Mengisi         
         Tidak ada satu orang pun yang benar-benar serupa dengan orang lain. Anak kembar sekalipun memiliki perbedaan. Kita memiliki perbedaan dalam kepribadian, talenta, kemampuan, gaya hidup, kebiasaan, dan kebutuhan. Namun perbedaan inilah yang membuat hidup menjadi lebih kaya, bervariasi, dan menyenangkan karena kita bisa saling mengisi.Banyak restoran muncul karena banyak orang tidak bisa memasak masakan seperti masakan yang disajikan restoran itu, atau karena tidak ada waktu untuk melakukan aktivitas memasak. Banyak kursus bahasa asing juga muncul karena ada orang yang sudah fasih berbahasa asing, sementara ada juga orang yang ingin atau perlu belajar bahasa asing.Saling Menguatkan         
          Selain perbedaan, persamaan pun bisa menguntungkan. Orang-orang yang memiliki persamaan bisa saling bekerja sama. Ringan sama dijinjing, berat sama dipikul, begitu kata pepatah. Rupanya pepatah ini muncul dari kesadaran bahwa dengan bekerja sama, segala sesuatu akan terasa lebih mudah.        
          Masalah menjadi lebih ringan dan menjadi lebih mudah dicarikan solusinya jika dipecahkan bersama. Pekerjaan berat akan menjadi lebih mudah dan lebih cepat selesai jika dikerjakan bersama.Bagaimana Menghargai Orang Lain? Tahukah Anda bahwa orang lain akan lebih menghargai orang yang menghargai mereka? Nah, sebelum kita menuntut orang lain menghargai kita, kita perlu terlebih dahulu menghargai mereka. Kuncinya hanya satu: buat orang lain merasa penting dan berharga :)
     

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Blogger Jitu All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.