11

Mengapa Orang Baik Banyak Mendapatkan Cobaan?

Posted by Unknown on 06.36
Kenapa orang baik harus melewati banyak cobaan? tidak sedikit orang mengeluhkan tentang hal ini.
mereka yang baik, yang tidak menyakiti orang lain, tidak melanggar aturan dan lain sebagainya malah mendapatkan balasan yang sebaliknya. Justru kadang kita melihat diluar sana banyak orang jahat yang sering menyakiti orang lain dan sering berbuat curang merasa senang dengan apa yang diperbuatnya karna mereka merasa bebas dengan apa yang diperbuatnya dan sering kali mereka mendapatkan keuntungan bagi mereka sendiri dengan apa yang mereka perbuat

Namun apakah mereka akan selamanya mendapatkan keuntungan dengan dengan berbuat bebas seenaknya seperti itu? jawabannya tentu TIDAK.
mereka mereka yang berbuat jahat hanya mendapatkan keuntungan yang sementara. Ketahuilah oleh kalian, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan sesuatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megahan di antara kalian serta berbangga-banggaan dengan banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang karenanya tumbuh tanam-tanaman yang membuat kagum para petani, kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning lantas menjadi hancur. Dan di akhirat nanti ada adzab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan- Nya. Dan kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.” (Al- Hadid: 20)"

Namun pada akhirnya mereka akan mendapatkan balasan yang amat sangat buruk yang akhirnya membuat mereka menyesali apa yang telah mereka perbuat selama ini. Karena setiap perbuatan itu akan berujung dengan sifat perbuatan itu sendiri. Tapi tidak sedikit pula orang yang menyesali akan perbuatan buruk yang mereka perbuat. Setelah mendapati akhir yang buruk, mereka tidak berhenti disitu saja, mereka tidak merasa menyesal sama sekali dengan apa yang telah mereka perbuat dan yang sayangnya perbuatan buruk itu seakan meluap dan meningkat ketika pada akhirnya mereka jatuh.
Namun apakah mereka akan dibiarkan oleh Tuhan begitu saja? jawabannya Tentu TIDAK.  Allah berfirman dalam Al-Qur'an Surah An-Nisaa ayat 115: "dan sesiapa yang menentang ajaran Rsul sesudah terang nyata kepadanya (kebenaran) petunjuk (yang dibawanya), dan dia mengikut pula jalan lain daripada jalan orang beriman, kami akan memberikannya kuasa untuk melakukan (kesesatan) yang dipilihnya, dan (pada hari akhirat kelak) kami akan memasukkannya kedalam neraka, sedang ia (neraka itu) adalah seburuk-buruk tempat kembali".

Tentu setiap masalah pada akhirnya mempunyai hikmahnya masing - masing.

Apakah orang baik akan selamanya mendapatkan cobaan? Hanya Tuhan lah yang tahu. Namun Tuhan Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Tuhan menguji orang orang sabar yang selalu mengikuti perintahnya dan menjauhi larangannya. Karena Tuhan ingin melihat seberapa kuat Iman di dalam hati seseorang dalam menjalani kegidupan.
Ketika Tuhan rindu pada hamba-Nya, Tuhan akan mengirimkan hadiah istimewa melalu malaikat Jibril yang isinya adalah cobaan.
Dalam hadis Qudsi Allah Berfirman: "Pergilah pada hambaKu lalu timpakanlah berbagai ujian padanya karena Aku ingin mendengar Rintihannya."
Kesimpulan yang dapat kita ambil adalah, setiap orang akan berakhir dengan perbuatannya sendiri.
Kalau dia berbuat jahat maka balasan yang menyedihkan pula yang akan didapati olehnya. Jika dia berbuat baik maka balasan yang menyenangkan pula yang akan didapati olehnya, walaupun tidak cepat namun pasti. Bersabarlah..

Nah untuk orang baik yang selalu banyak melewati banyak cobaan, Ali bin Abi Thalib pernah berfkata,"Yakinlah ada sesuatu yang menantimu selepas banyak kesabaran (yang kau jalani) yang akan membuatmu terpana hingga kau lupa betapa pedihnya rasa sakit."
Percaya pada Rukun Iman yang ke 6, "Percaya pada takdir baik dan takdir buruk". Karena kita tahu bahwa Tuhan Maha Adil. Subhanallah..

11 Comments


terimakasih atas penjelasannya, ini sangat bermanfaat untuk saya pribadi


Stiap ujian psti ad pmbljrn dan slmt akherat


Gua berjuang mati matian tapi gak ada hasil,mudah mudahan Allah mempercepat kebahagiaan itu


banyak memberikan pencerahan. semoga bermanfaat untuk org lain.


Semakin kita bersabar,akan ditambahkan lagi tingkatan ujian yang diberikan,sampai pada ujung kemampuan kita


Maaf sya menegur. Allah menguji bukan kerna Allah ingin melihat kekuatan iman hamba-Nya tetapi Allah ingin kita sendiri tahu seberapa kuat iman kita itu sendiri. Allah tidak sifat tidak mengetahui. Allah maha mengetahui meliputi segalanya. Maknanya Allah juga tahu siapa yang berada di neraka dan syurga. Dan sudah tahu iman seseorang.dalam quran ad menyebut kisah nabi adam dan iblis. itulah makna qada dan qadar. Allah sudah tahu di masa hadapan. Kerana ilmu Allah itu tiada batas. Dalam hadis juga menyebut kisah nabi diangkat kelangit peristiwa isra mikraj. Bukan nabi saw melihat masa hadapan? Terdapat banyak wanita di neraka dan lain2 dimasa hadapan. Dizaman itu nabi boleh memkhabarkan akan dibina bangunan2 tinggi? Itu lah masa hadapan yang dihadapi kita. Wallahualam Assalamualaikum wbt


Saua capek dngn sgala cobaan sdh brtahun2 sya brsabr.. tpi smpai skrng kbahagiaan itu blum jga dtang.. Hnya orang2 jahatlah yg slalu mndapat kbahagiaan. Sya muak dngan khidupan dan cobaan entah kpan kbhagiaan itu dtang..


perbanyak lh bersabar sekali pun ujian besar dtng pd mu,kita di beri ujian sama allah tandanya dia dekat sma kita dibalik penderitaan yg di berikannya akan ada hikmahnya


Kalau dapat cobaan sabar gan, saya juga selalu dapat cobaan tetapi tetap sabar. "Hai orang-orang beriman, Jadikanlah shalat dan sabar sebagai penolongmu. sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. QS, Al-Baqarah :153"

Posting Komentar

Copyright © 2009 Blogger Jitu All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.